Sabtu, 01 Oktober 2011

Tips agar pintar Ilmu Sosial

Ilmu Sosial atau yang kita kenal dengan IPS,adalah ilmu yang mencakup tentang manusia dan kehidupan serta lingkungan sosialnya.IPS juga mencakup tentang Antropologi,Ekonomi,Geografi,Hukum,Linguistik,Pendidikan,Politik,Psikologi,Sejarah dan Sosiologi.Berikut Tips agar pintar Ilmu Sosial yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1.Lebih Terbuka
Maksudnya,terbuka untuk sosialisasi dengan Lingkungan sekitar dan penghuninya.Dengan lebih terbuka,kita akan lebih memahami Antropologi dan Sosiologi.Yaitu,Kebudayaan masyarakat,dan hubungan antara manusia.

2.Hidup Hemat
Dengan hidup hemat,banyak sekali manfaatnya.Selain hemat identik dengan Kekayaan (Hemat pangkal kaya),dengan hemat anda juga mempelajari Ekonomi (Produksi dan keuangan).

3.Akrab dengan Atlas
Dengan anda sering membuka Atlas dan mencari informasi di dalamnya,anda sedang belajar mengenai Geografi.Selain mencari Informasi dengan atlas,anda bisa belajar menggambar denah lingkungan rumah anda,dan menentukan Letak wilayahnya dengan garis lintang,garis bujur atau penunjuk arah.

4.Sering menonton Berita
Dengan menonton berita,anda akan memperoleh banyak informasi.Salah satunya Hukum & kriminal serta Politik.Dengan itu,anda sedang belajar tentang Hukum dan Politik.

5.Mempelajari Bahasa Baru dan mendalami Bahasa Indonesia
Mungkin anda bertanya,apa hubunganya mempelajari bahasa baru dengan IPS?.Dengan mempelajari bahasa baru,anda akan memahami aspek kognitif dan sosial dari suatu bahasa.Itu berarti anda sedang belajar tentang Linguistik.

6.Rajin Belajar
Selain dapat membuat anda cerdas dalam banyak hal,dengan belajar juga anda akan lebih memahami Ilmu sosial tentang pendidikan.

7.Mempelajari ilmu Psikolog
Ilmu psikolog adalah ilmu yang mempelajari seputar Kejiwaan dan Mental.Dengan mempelajari Ilmu Psikolog,anda juga belajar mengenai ilmu sosial Psikologi.

8.Senang dengan Sejarah
Dengan menyukai sejarah,anda akan lebih memahami Ilmu IPS tentang sejarah.

Tips diatas adalah tips khusus.Dan Tips umumnya adalah,Rajin belajar dan menerapkan ilmu sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Tanyakan apa pun yang ingin anda tanyakan!.Untuk mengirim saran,kritik,kompalin atau pujian bisa dikirim via email di halaman kontak.