Kamis, 29 September 2011

Tips mudah menguasai Sains

Sains memang sangat berkaitan dengan matematika.Jadi,mau tidak mau tingkat kesulitan sains hampir setara dengan matematika.Mungkin,sains biologi mudah lah.Tapi,bagaimana dengan Fisika atau Kimia?.Berikut agar anda mudah mempelajari Sains baik Fisika,Kimia,dan biologi.
Untuk Biologi
1.Menghafal
Inilah kesulitan biologi.Kita diharuskan untuk menghafal setiap istilah-istilah biologi yang terbilang banyak itu.Tapi,adakah cara yang lebih mudah TANPA menghafal ?.Jawabanya TIDAK ADA.Tapi,mungkin anda bisa membuat sebuah daftar istilah setelah mempelajari satu bab.Daftar itu bisa anda susun secara Alphabetis agar lebih mudah di hafal.Dan kemudian di hafal sedikit demi sedikit.

2.Mengerjakan soal
Pelajaran biologi identik dengan menghafal.Tapi,bukan berarti anda tidak perlu berlatih dengan mengerjakan  soal.Justru dengan mengerjakan soal,hafalan anda akan semakin tertantang untuk di ujikan.Jadi,lalap lah soal-soal dari buku-buku atau LKS anda secara rutin.Mungkin anda bisa mengerjakan 10 soal setiap harinya sehingga hafalan anda sangat melekat dan tak mudah terhapus.

3.Melihat dan meneliti Objek
Inilah kunci sukses dari Biologi.Dengan meneliti objek yang di maksud.Misalnya,pelajaran pada  kali ini tentang bunga.Maka,anda cari bunga tersebut dan teliti,apa bunga ini sama dengan ciri-cirinya,jenis apa bunga ini dan sebagainya.

Untuk Fisika
1.Hafalkan rumus
Memang fisika identik dengan menghitung.Dan mungkin anda berfikir jika menghafalkan rumus tidak perlu,tinggal hitung dan kerjakan soalnya saja.Tapi,anggapan itu salah besar!.Cobalah buat daftar rumus yang terdapat dalam satu bab.Lalu,hafalkan rumus tersebut satu persatu.Setelah hafal,praktekan dengan mengerjakan soal.

2.Mengerjakan soal
Dalam satu bab selalu ada soal Uji kompetensi/Evaluasi bukan?,setelah anda hafal semua rumus dalam satu bab itu,coba anda kerjakan soal Uji kompetensi/Evaluasinya.Dengan begitu,anda akan semakin tertantang untuk mengeluarkan rumus yang anda hafal.Jika sudah begitu,ulangan? No Problem.

Untuk Kimia
1.Hafalkan Istilahnya
Kimia penuh dengan istilah aneh yang sukar untuk dihafal.Tapi,jika anda menghafalkanya sedikit demi sedikit pasti anda bisa.Cobalah hafalkan Istilah-istilahnya dengan rapi.Huruf demi huruf,kata demi kata, kalimat demi kalimat dan lambang demi lambang.Jika sudah hafal,pasti mudah bereksperimen dan mengerjakan soal.Jangan lupa juga untuk memahami setiap materi yang disajikan,baik dari Bpk/Ibu Guru atau pun buku sumber.Good Luck!.

2.Sering Bereksperimen.
Kimia identik dengan Eksperimen.Maka dari itu,cobalah untuk bereksperimen sesering mungkin.Mungkin,anda bisa bereksperimen di LAB Ipa yang ada di sekolah anda?.Atau anda bisa bereksperimen dengan bahan buku Sumber.Di buku sering ada kolom Eksperimen bukan?,maka tak ada salahnya anda mencobanya.

2.Kerjakan soal
Inilah kesulitan Sains.Jika sudah mengerjakan soal kimia,pasti sulit untuk mengerjakan soalnya,bukan?.Ada Istilah-istilah aneh yang sukar untuk dihafalkan.Tapi,jika anda memahami satu soal dan tahu apa yang harus anda lakukan,soal itu pasti mudah kan?.Cobalah anda mengerjakan minimal 5 soal per hari.Dan siap-siap meraih nilai tertinggi saat ulangan.

1 komentar:

Essen Ikan Nila mengatakan...

terimakasih untuk informasinya.

Posting Komentar

Tanyakan apa pun yang ingin anda tanyakan!.Untuk mengirim saran,kritik,kompalin atau pujian bisa dikirim via email di halaman kontak.